DO’S & DON’TS Mengatur Keuangan Sendiri

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo, teman-teman wawa. Di awal tahun ini pasti banyak keinginan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik kan ? Ya, begitupun aku. Banyak sekali aspek-aspek kehidupan yang sangat ingin aku ubah. Salah satunya tentang keuangan pribadiku.

Menurutku, mengatur keuangan pribadi itu sangat penting. Selain supaya kita tahu berapa pengeluaran dan pemasukan kita dalam rentang waktu tertentu, dengan berusaha mengatur keuangan kita juga bisa menentukan apasih financial goal jangka pandek dan jangka panjang kita. Jadi, kalo goalnya kita tahu, harapannya kita dapat dengan mudah untuk melakukan financial evaluation kita.

Mumpung sebentar lagi aku gajian, aku mau berbagi cara yang aku persiapakan untuk melakukan financial evaluation ala wawa, here we go !

DO’S

  1. Catat pengeluaramu. Pastikan semuanya tercatat ya
  2. Tentukan financial goal ala kamu. Bisa long term atau hanya short term
  3. Atur pengeluaran sesuai kebutuhan. Bedakan mana itu kebutuhan dan mana itu keinginan
  4. Sisihkan pemasukanmu untuk ditabung. Jangan konsumtif ya

DON’TS

  1. Pengeluaran melebihi pemasukan. Ini namanya defisit, pastikan surplus ya agar kamu tidak perlu mencari pembiayaan untuk menutup kelebihan pengeluaran
  2. Tidak membuat dana darurat. Dana darurat merupakan important point yang perlu disiapkan, karena kita tidak akan tahu bagaimana keadaan kita di masa depan
  3. Tidak menentukan financial goal. Ibarat naik sepeda, hanya berkeliling tanpa tujuan. Orang jawa bilangnya “ngalor ngidul”

Bagaimana ? sudah berjalan sesuai financial planmu atau malah sebaliknya ? Keep up the good work 🙂

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Leave a comment